PABX merupakan singkatan dari Private Automatic Branch eXchange.
Sebuah PABX pada dasarnya adalah sebuah sistem telepon yang biasa
disebut juga dengan switchboard yang digunakan sebagai sistem telepon
internal di kantor.
Kesimpulannya, PABX sangat penting untuk kebutuhan bisnis jaman sekarang, terutama untuk efisiensi telekomunikasi. Jika Anda berencana memasang sistem PABX di kantor Anda, pastikan skala kebutuhan Anda terlebih dahulu. Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan PABX Anda dan peralatan telekomunikasi kantor lainnya dengan menghubungi Indocomm disini.
Gambaran Sederhana Sistem PABX
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak
sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya
mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch"
atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke
PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan
sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat
komunikasi internal karyawan di kantor.
Cara kerja PABX adalah bahwa
sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai
control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka
telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station
ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu
untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing
extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang
tepat dengan menggunakan kode tersebut.
Contoh Kegunaan PABX di Kantor
PABX juga dapat diprogram sehingga akan
muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan
ke tujuan yang bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat
memprogram sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke
sebuah mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.
PABX modern bahkan dapat diprogram
dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon
keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan
hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk
mengetahui penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.
PABX juga dapat digunakan sebagai Auto
Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan
tertentu secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis
skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap
harinya. Anda juga dapat melakukan conference call menggunakan PABX.
Sudahkah Kantor Anda Dilengkapi PABX?
Kesimpulannya, PABX sangat penting untuk kebutuhan bisnis jaman sekarang, terutama untuk efisiensi telekomunikasi. Jika Anda berencana memasang sistem PABX di kantor Anda, pastikan skala kebutuhan Anda terlebih dahulu. Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan PABX Anda dan peralatan telekomunikasi kantor lainnya dengan menghubungi Indocomm disini.
0 komentar
Posts a comment